Dongkrak Penerimaan Pajak, Kanwil DJP Jabar I Dorong Tumbuhkembangkan Pengusaha UMKM

oleh
Kakanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo di Acara Sosialisasi dan Edukasi Pajak bagi Pengusaha UMKM, Bandung (25/7).

“Jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kita sangat banyak. Namun yang menjadi pembayar pajak masih sedikit,” ungkap Kakanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo pada acara Seminar Bisnis dan Edukasi Perpajakan 2018 di Auditorium Universitas Telkom Bandung, Rabu (25/7)

Dalam acara yang juga Halal Bihalal Paguyuban Pengusuha Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung itu, Yoyok berharap kontribusi pengusaha UMKM ini bisa meningkat. Salah satunya, melalui kebijakan penurunan tarif pajak UMKM menjadi 0,5%.

Yoyok pun mengingatkan, pajak yang dihimpun dari para pengusaha ini akan dirasakan kembali manfaatnya bagi para pengusaha, “Hasil pembangunan akan sangat bermanfaat bagi UMKM. Infrastruktur jalan dibangun sehingga menumbuhkan peluang bisnis bagi pelaku usaha”.

Selain melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran para wajib pajak di kalangan pengusaha, Dirjen Pajak pun ikut melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM. “Kami pun proaktif mendorong para pelaku UMKM agar tumbuh berkembang. Dengan demian, penghimpunan (pajak) akan meningkat”, ujar Yoyok.

Saat ini, di wilayah DJP Jabar I kontribusi pajak dari para pelaku usaha UMKM masih sekitar 30% dari yang ditargetkan. Sedangkan target penghimpunan pajak tahun ini Rp 32,4 triliun. Per 25 Juli telah mencapai Rp 15,09 triliun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *