Jangan Pernah Takut untuk Mencoba!

oleh

 

Usianya masih muda. Kini ia menjadi kepercayaan seorang pemilik modal untuk mengelola usaha waralaba. Saat diajak berbincang, Thahareza, nama pengusaha muda itu, bersemangat untuk berbagi ilmu dari pengalamannya dalam mengelola usaha.

Berikut ini beberapa tips yang diberikan Reza, nama panggilannya, bagi rekan-rekannya yang berminat untuk terjun ke dalam usaha.

Pertama, jangan takut untuk mencoba. Itu tips pertamanya. Walau terdengar klise, namun tips ini memang hal yang seringkali menjadi hambatan terbesar bagi mereka yang ingin terjun ke dunia usaha.

Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang telah memiliki modal dan pengetahuan, tidak mampu melangkahkan kakinya, karena takut untuk mencoba.

Tetapi, keberanian mencoba ini bukan berarti nekad. Melangkah tanpa persiapan. Rencanakan yang matang dan persiapan yang cukup. Jika perlu, magang untuk memupuk mental wirausaha.

Kedua, perhatikanlah prosesnya, jangan tertipu oleh hasil akhir. Reza mengingatkan, tidak sedikut para pemula terpukau oleh kesuksesan usaha orang lain, tanpa melihat proses yang telah mereka lalui. Sehingga yang terjadi, mereka men”jiplak” gaya hidup orang sukses, bukan mengikuti proses usahanya.

Reza pun menyebutkan contoh sebuah warung iga bakar di wilayah Bandung, kini terkenal dan sukses. Namun ia mengingatkan, perjuangan pemilik warung itu telah dimulai belasan tahun sebelumnya. Mereka memeras keringat lebih 10 tahun sebelum benar-benar menikmati kesuksesan yang diraih saat ini.

Ketiga kata Reza, enjoy yourself. Nikmatilah apa yang anda harapkan dan kerjakan, tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Karena bisa jadi, jalan sukses setiap orang tidak harus sama. Ibarat gunung, mungkin punya satu puncak, tetapi memiliki banyak jalan menuju puncaknya.

Ke-empat, selalu belajar. Continues improvement. Tidak ada kata akhir untuk mempelajari sesuatu, termasuk dalam usaha. Belajar tidak hanya mengenai produk yang hendak kita jual, tetapi juga mempelajari karakter pelanggan kita.

Terakhir, tips kelima yang disampaikan pengusaha muda ini, bertahaplah. Selalulah mengukur pada kemampuan diri untuk melangkah dan mengembangkan diri. Seperti kata pepatah, ribuan mil jauhnya perjalanan harus dimulai dengan langkah pertama.

  • Itulah tips yang diberikan Reza, pengusaha muda yang saat ini mengelola waralaba Ayam Gepruk Kampus di jalan Banteng Bandung. Ia pun mengaku, ia pun tengah belajar untuk selalu lebih baik dan mengembangkan diri dan usahanya.

About Author: deris yanto

Gambar Gravatar
deris yanto | deris_markbiss@outlook.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *