BOSEH, Cara Asyik Kawula Muda Bandung Bugarkan Diri

oleh
Peserta Boseh X Nakalama saat berkumpul di Shelter Boseh, Minggu (22/4)

Dalam bahasa Sunda, boseh artinya mengayuh. Tetapi di kota Bandung, boseh menjadi program bikesharing dimana sepeda menjadi moda transportasi untuk bepergian jarak dekat.

Warga kota Bandung bisa menyewa sepeda yang disediakan pemkot Bandung untuk digunakan dari satu titik ke titik lain terdekat dengan tujuan. Misalnya dari lokasi terdekat dari tempat tinggal atau menginap, menuju lokasi belanja, halte bus atau setasiun kereta.

Tarifnya pun sangat terjangkau, yaitu cukup Rp 1000 rupiah satu jam pertama, kemudian Rp 2000 untuk jam berikutnya. Selain murah, bebas populis, Boseh pun bisa membuat sehat. Tak salah jika Boseh pun diartikan sebagai Bike On Street Everybody Happy.

Untuk menarik lebih banyak warga menggunakan sepeda, event bersepeda bersama pun kerap dilakukan. Salah satunya adalah Boseh X yang diselenggarakan oleh Nakalama People. Nakalama sendiri event organizer yang aktif dalam dunia adventure melalui bendera Nakalama Kibaraya.

Pada Boseh X yang diselenggarakan pada Minggu (22/4) lalu, para peserta berkumpul (meeting point) di Shelter Boseh Bike Headquarters Jl Pelajar Pejuang 45 no 62. Para peserta ini telah meregistrasikan dirinya melalui Whatsapp kepada panitia penyelenggara.

Pesertanya 60 orang. Sebagian besarnya adalah para pemuda-pemudi dan remaja,” ujar Tantan, ketua panitia penyelenggara. Para peserta dipungut Rp 10 ribu rupiah untuk sewa sepeda.

Sekitar jam 7 pagi, para peserta pun bersama-sama mulai “boseh” sepedanya. Rute yang mereka tempuh mulai dari Shelter Boseh – Asia Afrika – Braga – Balkot (Istirahat) sebentar – Dago CFD – Alfamart Unikom (Istirahat) – Taman Cibeunying (Sarapan dan istirahat) – lalu kembali ke shelter boseh.

Program Boseh ini mendapat sambutan positif dari warga Bandung, terutama kalangan mudanya. Abduh misalnya, pemuda yang baru pertamakali mengikuti Boseh ini, berharap events semacam ini lebih sering diadakan. “Saya suka banget. Bisa menyehatkan jasmani dengan cara yang asyik”, katanya.

 

 

About Author: deris yanto

Gambar Gravatar
deris yanto | deris_markbiss@outlook.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *