Keuntungan dan “Kerugian” Membeli Mobil Produk Global

oleh
Consultant Sales KIA Siloam, Ajat Sudrajat bersama salah satu mobil unggulannya All New Rio.

Bagi konsumen mobil, mungkin pernah mendapat penjelasan dari consultant sales mobil KIA, bahwa mobil yang mereka jual adalah produk global. Lalu apa artinya itu, apa keuntungan atau kerugian sebuah mobil diproduksi secara global?

Pertama, sebagai produk global seluruh mobil KIA memang dirancang dan dibuat sama untuk seluruh dunia. Mobil KIA yang masuk ke Indonesia, akan bisa kita temui di belahan bumi lainnya. Di Asia, Australia, Amerika, Eropa dan juga Afrika. Anda akan bertemu KIA Rio, Picanto atau Sportage di lima benua itu.

Semua mobil KIA didesign dari tiga tempat yang sama, yaitu Namyang Design Center (Korea Selatan), Design Center di Irvine California dan Design Center Europe di Frankfurt Jerman. Sedangkan manufaktur mobil KIA tersebar di 5 negara, terbesar di Korea Selatan, Georgia Amerika, Mexico dan India. Mobil KIA yang masuk Indonesia berasal dari pabrik Korea Selatan.

Lalu, apa keuntungan bagi konsumen KIA dengan produk global ini?

“Yang pasti, standar mobil kami menggunakan standar global”, jelas Ajat Sudrajat, sales consultant KIA Siloam. “Artinya, mobil yang masuk ke Indonesia telah memenuhi standar global, baik dalam masalah emisi, kualitas maupun safety-nya”.

“Dengan standar global itu, KIA pasti menggunakan standar tertinggi agar mobilnya bisa masuk ke seluruh wilayah. Untuk keamanan misalnya, KIA menggunakan standar yang digunakan oleh Europe NCAP , demikian halnya emisi sesuai standar Europe. Sekalipun sebenarnya, untuk standar Asia ada Asian NCAP,” papar Ajat.

Dengan standar global, KIA pun sangat yakin dengan kualitas produk mobil yang dijualnya. Hal ini dibuktikan bukan hanya dengan berhasil menyabet penilaian kualitas dengan rangking tertinggi dari lembaga riset otomotif terkemuka JD Power, tetapi juga dengan memberikan garansi selama 5 tahun.

“Di Indonesia, semua mobil KIA mendapatkan garansi selama 5 tahun. Garansi ini mencakup mesin, transmisi, shockbreaker dan komponen vital lainnya,” papar Ajat. “Bahkan untuk produk yang kami jual saat ini (tahun 2017), garansi 5 tahun itu dengan unlimited km. Artinya, tidak dibatasi dengan jarak tempuh”.

Uniknya, garansi ini melekat pada mobil KIA-nya, bukan pada pemiliknya. Sehingga, sekalipun kepemilikan berganti, garansi itu tetap berlaku.

Itu sisi keuntungan mobil KIA sebagai produk global, lalu apa “kerugian” bagi konsumen?

Tentu saja ada pada masalah harga. Dengan standar yang tinggi, berdampak pada harga mobil itu sendiri. Ditambah dengan pajak masuk sebagai mobil import utuh (CBU) akan berbeda dengan mobil yang dirakit di dalam negeri.

Menyiasati harga mobil KIA agar bisa kompetitif di kelasnya, biasanya KIA Motor Indonesia (KMI) melakukan “penyesuaian”, berupa pengurangan fitur yang ada dan penurunan bahan material interior.

Namun secara keseluruhan, keindahan design KIA yang menawan, kualitas dan keamanan standar global sebuah mobil KIA, akan tetap bisa anda rasakan.

Bagaimana, tertarik dengan mobil produk global?

About Author: deris yanto

Gambar Gravatar
deris yanto | deris_markbiss@outlook.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *