Mengintip KIA Picanto yang Tumbuh Lebih Kokoh, Lebih Stylish dan Lebih… Mahal

oleh
Generasi ke-4 KIA Picanto X-Line. (Foto: KIA Buzz)

Sudah hampir setahun, sejak diperkenalkan di Frankfurt International Motor Show 2017 bulan September lalu, KIA Picanto generasi ke-4 belum juga mengaspal di negeri ini. Kabarnya, hatchback terkecil ini akan segera hadir di pertengahan tahun ini.

Tak sabar menanti sosok primadona KIA ini, kita bisa mengintip salah satu tipe dari city car yang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tampil lebih segar dan stylish dimana ciri khas desainer Peter Schreyer dipertahankan dengan penyempurnaan yang indah pada detailnya.

Varian X-Line memiliki karakter tangguh layaknya sebuah SUV mini. Kendaraan jenis ini tampaknya sedang digemari. Walau diperuntukkan untuk menjelajahi kota, KIA Picanto baru ini nampak lebih kokoh untuk menerjang beragam kondisi jalan.

Kesan lebih kokoh terlihat dari bumper yang bergaya SUV, dan skidplate yang terlihat dari logam di bagian depan dan belakangnya. Ground clearance ditinggikan 15 mm. Hal ini sekaligus memberikan visibilitas pengemudi menjadi lebih baik.

Sementara dibawah kap mesin, pada varian X-Line ini disematkan mesin 1.0 liter T-GDI (turbocharged gasoline direct injection) milik Kia, yang ringan dan sangat efisien, yang menawarkan emisi super rendah. Mesin turbo ini mendukung tampilannya yang tangguh.

Dengan ukuran yang lebih besar dan tinggi dari generasi sebelumnya, Picanto baru lebih banyak memberi ruang bagi kaki dan kepala. Secara umum, ruang kabin menawarkan kelapangan yang mengesankan dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Varian X-Line pun dilengkapi dengan teknologi KIA DRIVE WiSE seperti Autonomous Emergency Braking (AEB) yang membantu kendaraan menghindari atau meminimalkan dampak tabrakan dengan pejalan kaki atau hambatan lain di jalan. Rangka bodi pun terbuat dari Advanced High Strength Steel yang kuat.

KIA Picanto pun menjadi kendaraan nyaman dengan kelengkapan fiturnya, seperti Apple CarPlay, Android Auto, dan entri tanpa kunci dan sejumlah detail lainnya.

Apakah varian X-Line ini akan masuk ke Indonesia? Ataukah Picanto varian GT-line? Nampaknya pihak KIA Motor Indonesia (KMI) masih mempertimbangkannya. Termasuk harga jualnya, mengingat mobil-mobil KIA di Indonesia diimport utuh (Completely Build Up) dari Korea Selatan.

Hal yang juga menjadi sorotan atas produk KIA yang masuk ke Indonesia, apakah juga memiliki fitur selengkap dari negeri asalnya ataukah terdapat pengurangan agar mampu bersaing dengan kompetitor pada kelas yang sama.

Salah seorang sales KIA menyebutkan kisaran harga KIA Picanto baru ini diatas Rp 200 juta. Harga yang cukup jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan harga mobil pabrikan Jepang pada kelas yang sama.

Tetapi nampaknya, KIA tetap optimis, dengan customernya yang loyal dan keunggulan produknya, harga bukan masalah bagi pasar untuk menerima kehadiran KIA Picanto generasi ke-4 ini. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *